Friday, March 26, 2010

Chika is an introvert person


“Kakak tu introvert orangnya”

Gubrak dah!!! Kayak disamber petir di siang bolong habis baca sms dari dia. Kalo orang lain yang bilang gitu sih ku gak akan sekaget ini. Tapi ni yang bilang adik angkatku, lebih dari 10 tahun dia jadi saudara aku, dia satu2nya orang yang bisa bikin aku “ngomong” tentang segala hal. Ku kurang terbuka apa lagi sih. Kok tega2nya dia bilang aku introvert, gak terima donk…!!!!

Terus maunya apa?

Emmmm… gak pa2 sih… percuma juga minta pertanggungjawaban dari dia. Secara dia tu orangnya sibuk banget, mo ketemu aja susahnya melebihi ketemu presiden. Suruh bikin artikel tentang aku aja buat ku masukin di blog dia bilang, “Ntar ya habis proyek aku selesai aku buatin deh”.
“Kapan?”
“Ntar kakak…!!! Yang sabar napa?????”

Busyeeeet… kalo udah bilang gitu tandanya tunggu seumur hidup deh. Itu kalo dia ingat… Daripada ku keburu tua nungguin dia, ku langsung cabut deh ke rumah tante Wikipedia untuk cari tau apa bener sih yang dibilang adik angkatku itu. Dan dari hasil percakapan aku dengan tante aku yang pintar ini hasilnya seperti ini :

Aku : “Tante, apa sih sebenarnya introvert itu? Apa benar aku seorang yang introvert?”

Tante : An introvert is likely to enjoy time spent alone and find less reward in time spent with large groups of people, though they tend to enjoy interactions with close friends. They prefer to concentrate on a single activity at a time and like to observe situations before they participate. Introverts are easily overwhelmed by too much stimulation from social gatherings and engagement. They are more analytical before speaking.

Aku : Gubrak!!!! Tante ini ya… ku kan gak bisa bahasa Inggris… gimana mo ngerti coba?

Hahahahaha… nggak denk becanda… ini nih kalo mo lebih jelas :

Introvert adalah pribadi yang bersifat menyendiri dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer.

Emmmm... Kayaknya masih belum lengkap deh, ya udah biar tambah ngerti ku tanya om aku aja. Dan ini nih hasil dari ku jalan2 ma om google, ku di ajak ke sebuah forum yang membahas tuntas tentang susah senangnya jadi orang introvert. Dan cukup membuatku terkejut, ternyata banyak point yang ada di forum itu yang bener2 GUE BANGET….!!!!

Ini nih point2 nya :

1. Orang introvert itu biasanya pendiam. Temannya dikit tapi kalau dia sudah menerima orang itu sebagai temannya, biasanya persahabatan itu akan berlangsung seumur hidup, karena itu orang introvert cenderung setia.

*catet SETIA….

2. Orang tipe introvert sering merasa telah kehilangan waktunya selama sekian tahun, karena selama ini nggak membuat sesuatu yang cukup berarti.

*yups… bener banget…

3. Tipe Introvert sih biasanya bijaksana dan bisa memecahkan problem orang lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau gak ya tipe introvert itu termasuk orang yang 'mahal bicaranya'. Jadi kalau ada orang yang diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.

*kalo bisa memecahkan problem orang lain sih relatif ya, tergantung masalahnya. Tapi memang banyak sih orang2 yang curhat ke aku.

4. Orang introvert itu biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Karena temannya yang relatif sedikit, kehilangan satu saja sudah bagai terkena penyakit, untuk itu kata2 cenderung dijaga agar tidak kehilangan teman.

*banyak mikir plus paling gak bisa kehilangan teman, bisa nangis tuh..he..he.. ketauan dah kalo cengeng…

5. Orang introvert juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka nyalahin diri sendiri), yang akhirnya jadi depresi, dan emosian. Tipe ini cuma mau terbuka dengan orang yang udah bener-bener dia percaya.

*dulu sih iya, sekarang tetep tapi sudah bisa mengurangi soalnya capek bo’ depresi mulu…

6. Orang introvert itu terlihat 'dingin' atau 'sangaaaaaaatttttttttt dingin' tapi asal kamu mencoba menembus pertahanannya itu maka lumer deh esnya. Emang sih orang tipe ini keliatan cuek di luarnya tapi coba masuk ke dalam, orang introvert nggak sedingin yang keliatan di luar.

*yups… Ku dari luar emang keliatan cuek banget…. Aslinya ku perhatian banget orangnya… cieeeeeh… muji diri sendiri bo’…

7. Lalu orang introvert itu biasanya mau berteman dengan orang yang budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka sama orang yang berkata kasar walaupun kata-kata itu bukan ditujukan untuk dirinya.

*memang sih tidak terlalu suka, tapi mungkin karena ku orang Jawa yang kebanyakan sabar dan ‘nerimo’, biasanya ku akan telusuri dulu apa latar belakang dia bersikap seperti itu, baru deh mutusin apakah mo temenan to nggak, kalau toh tetap temenan biasanya ada pertimbangan/persiapan yang lebih khusus lagi, salah satunya ya menyiapkan kadar kesabaran yang lebih tinggi…

Oh iya, kalo ingin tahu kamu termasuk introvert ato ekstrovert, coba deh klik :
mypersonality.info

Aku dah nyoba dan ini hasilnya :

Click to view my Personality Profile page

2 comments:

yuli said...

ternyata gw juga githu....hiks hiks

chika said...

@Yuli, loh kok sedih... santai aja cuy... cuma introvert duankz... semangat yaaaa... :D

Post a Comment